Sunday, July 12, 2009

Cara untuk mempopulerkan blog

Bangun pagi, gw iseng buka-buka DF (Detik Forum). Di salah satu threadnya ada postingnya mengenai 5 cara buat mempopulerkan blog kita. Lumayan buat dijadiin masukan buat gw. Well, sebenernya gw sih ga mau populer kek artis (ntar dikejar-kejar ma inpotenmen kan jadi berabe.. wkwkwkwk), cuma sapa tau aja kalo gw nerapin tips tersebut, blog gw yang tercinta ini bisa jadi lebih bagus lagi (^o^). Udah lah, ga usah banyak basa basi, mending langsung dijambreng tips yang gw temuin barusan... Here we go :

1. Sediakan content yang bernilai

Sebenarnya kenapa Anda membaca blog seseorang? Bisa diasumsikan para pembaca tersebut mendapatkan sesuatu. Entah sesuatu itu berupa postingan humor, semangat atau isnpirasi yang membuat harinya lebih menyenangkan. Content yang unik dan berbeda pastinya akan membuat para pembaca untuk terus kembali membuka blog Anda.

2. Jangan Banjiri dengan postingan yang tidak bermutu

Namun jangan sampai blog Anda dibanjiri dengan postingan yang “tidak ada apa-apanya”. Apalagi dengan postingan yang panjang berlarat-larat. Di internet begitu banyak kontent sehingga kita harus bisa bersaing dengan mereka. Usahakan postingan Anda sesingkat mungkin dan tentu saja informatif.

3. Berbicaralah dengan pembacamu

Jangan abaikan orang-orang yang memberikan sepucuk komentar di blog Anda. Balaslah balik komentar ke blognya meski dia tidak pernah memintanya. Dengan membaca dan memberikan komentar ke blog lain, berarti pemilik blog mengetahui apa yang Anda pikirkan tentang blognya. Masukkan link blog tersebut ke blogroll.

4. Tulislah content yang muda di baca

Postingan yang mudah dibaca maksudnya adalah, postingan yang memakai bahasa atau kosa kata yang mudah dimengerti semua orang. Boleh saja memakai kata-kata “slang” yang sudah umum. Sebaiknya tidak memakai kata-kata yang hanya dipahami oleh kelompok tertentu. Atau bentuk tulisan yang tidak memakai spasi atau tak memakai titik. Apalagi tulisan yang memakai huruf warna-warni yang dikombinasi dengan huruf besar kecil yang tak pada tempatnya.

5. Sering-seringlah kopdar

Mungkin ini salah satu cara paling ampuh untuk mengenalkan blog Anda. Jika Anda rajin kopdar ( kopi darat) atau datang ke acara offline, Anda akan semakin di kenal. Baik pertemuan dengan blogger sehobi atau lintas komunitas. Jika anda penggemaar sastra, sesekali boleh datang pada acara kopdar blogger penggemar kuliner.

Diantara kelima tips diatas, keknya point nomor 5 tuh susah buat diaktualisasiin. Secara sampe sekarang gw masih belom nemuin komunitas blogger yang bisa gw ajak diskusi (T_T). Wahai para blogger di luar sana, yuukk kita kopdar, biar gw bisa belajar nulis blog lebih bagus lagi :D.