Tuesday, December 13, 2011

500K for Singapore trip?

Tergelitik dengan judul buku "Rp500 Ribu Keliling Singapura" membuat gw kepikiran sampe ga bisa tidur (lebay). How come? Kok bisa? hanya dengan bermodalkan 500ribu kita bisa keliling negara yang tergolong mahal itu? Well, sebenernya gw blom (gak tertarik lebih tepatnya) untuk baca buku tersebut. Yang bikin gw bertanya2, ngga takut terbilang memberikan "mimpi" kepada orang2 awam akan travelling? Gw cenderung takut orang2 akan berharap terlalu tinggi dan sedih bila mengalami kenyataan yang pahit (apa sih bahasa gw).

OK, lets get real! Buat gw 500ribu itu agak kurang cukup untuk keliling Singapore. Kenapa?? Karena apa2 di sana mahal! Naik bis yang cuma beda 3 shuttle aja bisa abis 1SGD (IDR 7000), nah menurut lo? Selain itu, darimana kita bisa dapet harga tiket pesawat ke Singapura dengan harga kurang dari 500ribu? Kalaupun Air Asia ngadain promo 0 rupiah, kita masih harus bayar biaya fuel surcharge yang ga sedikit (at least 150ribu). Call me pessimist, but that's the reality :)



Yuk kita hitung rame2 pengeluaran yang diperlukan untuk "keliling negara singa" ini. Perhitungan berikut hanya untuk perjalanan selama 2hari 1malam (penerbangan terpagi CGK - SIN dan penerbangan jam 1100an SIN - CGK)
  1. Tiket pesawat CGK-SIN. Hmmm, agak sulit kalo untuk ini dimasukan kedalam itung2an, soalnya jarang sekali gw nemuin flight dengan harga dibawah 500ribu. OK, hanya untuk perhitungan budget kali ini gw masukin harga IDR 0 (tetapi kita masih harus membayar fuel surcharge sekitar IDR 150,000)
  2. Aiport tax di Jakarta IDR150,000 
  3. Touch down Singapore!! Naik MRT Changi - Dorm tempat kita menginap (gw pilih Bugis Street). Rate untuk one way sekitar SGD1.59 (x7000 = IDR11,130), tetapi behubung kita akan memaksimalkan penggunaan MRT selama sehari ini, gw lebih memlilih membeli one day pass seharga SGD 8 (x7000 = IDR56,000)
  4. Bayar guesthouse, dormitory room type. Harga paling suitable untuk lokasi yang oke sekitar SGD18 (x7000 = IDR126,000) harga termasuk sarapan seadanya di Cozy Corner, Bugis
  5. Makan siang + makan malam. Di Singapore banyak sekali variasi makanan yang bisa kita coba. But then again, berbentur dengan budget, gw menyarankan untuk membeli makan di hawker2, harga berkisar SGD2.5 - 3.5 (x2 x7000 = IDR49,000)
  6. Water! Walaupun Singapore berbaik hati menyediakan beberapa titik penyediaan air gratis, gw saranin untuk spare beberapa SGD untuk membeli mineral water di convenience store, selain kita membutuhkan botol kosong untuk diisi ulang dan belum tentu kita bisa menemukan titik penyediaan air gratisan. Untuk ini, gw kasih budget SGD 5 (x7000 = IDR 35,000)
  7. Visited Tourist Attraction. Dengan limit budget IDR500,000 ga usah muluk2 mau masuk ke TA berbayar, cukup jalan2 di sekitar Marina bay Sand, poto2 di patung merlion, window shopping di Mall sekitar Bugis dan Orchard road, dsb.
  8. MRT bugis - Changi Airport. SGD 1.59 (x7000 = IDR11,130), then ciao Singapore!
 Estimasi pengeluaran untuk berpelesir di negara singa selama 2hari 1malam adalah IDR 577,130 (kurs 1SGD = IDR7000). Masukkah ini kedalam budget yang hanya IDR500,000? Ya, mungkin bisa dibilang masuk ke dalam budget, tetapi apakah kita bisa menikmati perjalanannya? Gw bilang sih yaaaa... tidak bisa.

Bukannya gw membantah Judul dari buku tersebut, karena memang ternyata 500ribu bisa untuk pelesir di Negara Singa. Tetapi buat gw, perjalanan yang seperti ini kurang memuaskan, kenapa? Selain waktu yang terlalu cepat, dan apakah worthed terbang jauh2 ke Singapore cuma buat ngeliat Mall dan pasar dan melihat beberapa TA dari luar? Relakah kita melewatkan USS (Universal Studio Singapore) atau sekedar berkunjung ke Jurong Bird Park? Well it's up to you.

The idea of backpacking maybe got the chance to travel with a very limited budget, but that doesn't mean we also have to cut the "fun" in it :)

    1 comment: