Tuesday, November 22, 2011

Saya dan Fotografi

Saya adalah pecinta fotografi. Dimulai dengan senang berpose didepan kamera dan beralih menjadi orang yang berada di belakang kamera. Janganlah ditanya mengapa saya mencintai fotografi, karena sejujurnya saya sendiri tidak tahu jawabannya. 

3tahun yang lalu adalah kali pertama saya mengetahui istilah aperture, shutter speed, ISO, dll. Info2 tersebut saya dapatkan dari sebuah web tempat berkumpulnya para fotografer profesional. Walaupun saat itu saya sudah "menghapal" istilah2 tersebut, tetapi tetap saja ilmu yang saya dapatkan saat itu tidak bisa diaplikasikan secara maksimal, karena kamera yang saya miliki saat itu hanyalah sebuah kamera digital biasa yang cenderung mengambil gambar secara otomatis.



Setelah melewati pengiritan secara ketat, akhirnya setahun kemudian saya mampu untuk membeli sebuah DSLR dan mulai untuk mengaplikasikan ilmu2 yang sudah saya dapatkan dari mengikuti web2 fotografi. FOTOGRAFI ITU SULIT! Itulah hal pertama yang ada di kepala saya setelah seminggu lebih berkutat dengan kamera besar yang menguras uang itu. Rasa penasaran! Itulah yang membuat semangat saya untuk belajar lebih banyak mengenai teknik pengambilan gambar. Dan akhirnya, setelah hampir setahun berlalu saya menemukan sedikit celah untuk mengambil gambar yang "agak lumayan".


Ternyata, dunia fotografi tidak hanya sampai diteknik pengambilan gambar saja, masih banyak jalur yang harus dilalui untuk menghasilkan sebuah foto yang "lebih dari lumayan". Salah satunya adalah photo editing! This can be categorized as the hardest thing! Saya adalah orang yang kurang aware dengan teknologi, sedangkan untuk menguasai teknik photo editing kita harus menguasai beberapa program, salah satunya adalah Photosop. Jujur, sampai sekarang saya masih TIDAK MENGUASAI PHOTOSOP! Sekian lama bulak balik membaca manual photosop, masih saja tidak bisa saya kuasai program tersebut. Akhirnya saya pun menyerah dan tidak mau lagi belajar mengenai photo editing. Sampai suatu waktu saya menemukan cara photo editing yang terbilang mudah dan tidak memerlukan prosedur yang ribet, yaitu photo editing lewat HP!


Saat itu saya menggunakan iPhone yang memang memiliki beberapa aplikasi photo editing yang canggih! Salah satu applikasi yang saya suka sampai sekarang adalah Camera+ dan Pixrl o Matic, kombinasi yang mematikan! Hampir 2 tahun saya mengunakan iPhone dan bisa dibilang menghasilkan beberapa foto yang tampaknya "agak lumayan", as per below:


Agak bosan dengan iPhone, saya melirik Android yang sepertinya merupakan "saingan" dari iPhone. Dengan harga yang jauh lebih murah dari iPhone, produk android yang saya beli ternyata menghasilkan foto yang tidak kalah bagus dari iPhone! Yang lebih menyenangkan adalah, banyak aplikasi canggih dan gratis tersedia di Android market. Belum sebulan memegang android, saya sudah menghasilkan lebih dari 100 foto, dan menggunakan sebagian besar waktu luang berusaha mengedit foto2 tersebut menjadi lebih canggih, seperti ini:
Foto2 tersebut pure hasil karya HP cilik nan ajaib yang saya miliki. Dan sekarang sepertinya masalah photo editing bisa terselesaikan dengan applikasi2 produk canggih ini. Sekarang saya membuat semacam project photography collaboration between DSLR + phone editing. Itung2 biar DSLRnya ngga jamuran :p
I will post the result soon! Wish me luck :)

No comments:

Post a Comment