Sunday, March 14, 2010

Keep on dreamin'... You'll get there someday...


Out of the blue, gw tiba-tiba pengen nulis kayak gitu. Ga ada alasan yang jelas. Tapi emang, seumur gw hidup, sebagian besar waktu gw dihabisin buat berkhayal a.k.a mimpi. Bukan apa-apa, tapi dengan begitu gw ngerasa ada semangat baru buat mencapai impian tersebut. Memang, untuk mewujudkan sebuah mimpi ga semudah membalikan telapak tangan, perlu perjalanan yang paannjaaanng dan berliku. Ada salah satu impian gw yang Alhamdulillah udah tercapai sekarang, yaitu bersepeda di Jepang. Impian yang aneh ya?? Tapi emang itulah mimpi gw sedari zaman kuliah dulu. Mimpi yang sederhana namun sulit untuk digapai.

Berawal omongan para dosen gw sewaktu kuliah yang sering cerita tentang kehidupan mereka sewaktu di Jepang. FYI, gw ambil jurusan Sastra Jepang. Hampir semua dosen bilang kalau orang Jepang lebih banyak menggunakan sepeda dibanding mobil. Dan dari situlah gw mulai berkhayal untuk bisa bersepeda disana. Tetapi, sayang sekali banyak rintangan yang menghalangi gw untuk mewujudkannya, salah satunya adalah GW GA BISA NAEK SEPEDA dan satu lagi, biaya ke Jepang MUAHAALL!!

Waktu jaman kuliah dulu, gw dicela sama hampir semua temen gw gara-gara gw ga bisa mengendarai sepeda. Yap, gw ga bisa mengendarai sepeda!! Awalnya gw agak kesel dengan celaan mereka, tapi sekarang gw merasa beruntung karena mereka mencela ketidakmampuan gw tersebut. Karena berawal dari situlah mulai bangkit semangat untuk belajar mengendarai sepeda. Well, sebenernya semangat gw muncul karena impian gw itu sih.

Butuh hampir sebulan latihan rutin tiap pagi untuk gw bisa lancar mengendarai sepeda. Alhamdulillah, selama pelatihan itu gw ga pernah sekalipun jatuh dari sepeda. Ternyata ungkapan kalau orang ga akan bisa mengendarai sepeda sebelum jatuh dari sepeda itu salah besar! Buktinya, gw bisa! Ah bangganya diri gw saat itu! Dan, dengan begitu gw mulai maju selangkah untuk mewujudkan impian gw.

Sekarang adalah tahap yang lebih sulit dari sekedar belajar mengendarai sepeda, yaitu biaya untuk ke Jepang. Dulu, waktu masih kuliah, gw sering ikutan seleksi beasiswa, salah satunya adalah beasiswa belajar di Jepang. Tapi sayang sekali, beasiswa ke Jepang itu ga pernah sekalipun mampir ke gw! (siapa juga gw? belajar juga jarang, pake ngimpi bisa dapet beasiswa ke Jepang... hihihi).

Akhirnya gw pun lulus kuliah, dan impian gw masih belum juga terwujud. Sebenarnya impian gw bisa terwujud asalkan gw mau mengeluarkan modal (yang gw ogah keluarin... hihihi) buat program belajar sambil bekerja di Jepang. Banyak dari temen gw yang ikutan program ini, tapi ga tau kenapa gw ngerasa enggan banget ikutan. Akhirnya gw bekerja di sebuah perusahaan Jepang yang lumayan besar, tapi sayang sekali dengan bekerja disitu juga ga bisa memberangkatkan gw ke Negeri Sakura itu (nasib...nasib...).

Waktu berlalu tanpa terasa, impian gw masih ada dalam angan-angan dan gw pun udah bekerja di perusahaan travel, megang market jepang (pastinya!). Suatu hari di tahun 2009, gw ditawarin untuk dikirim ke Jepang untuk training. Entah kenapa saat itu gw agak ragu buat nerimanya (mengingat gw pasti akan kerja bareng orang2 aneh itu!). Tapi setelah gw pikir2, inilah satu-satunya cara buat gw mewujudkan impian gw selama ini, yaitu Bersepeda di Jepang! Dan, akhirnya gw terimalah tawaran tersebut.

Pertengahan Oktober 2009 akhirnya gw berangkat juga ke Jepang, tepatnya ke Osaka. Beberapa minggu pertama gw lebih mengandalkan kekuatan kaki dan dompet (alias jalan kaki atau naik subway). Tetapi lama kelamaan akhirnya gw mulai terkontaminasi oleh teman-teman seperjuangan gw disana (yang kebetulan memang mereka bekerja di Konjen Osaka). Mereka mulai merasuki otak gw tentang nikmat dan murahnya jalan-jalan di sekitar Osaka dengan menggunakan sepeda. Akhirnya, gw memberanikan diri untuk meminjam salah satu sepeda yang terparkir di depan kantor. Dan pada saat itulah gw bisa mewujudkan impian yang selama ini terpendam!! And it felt GREAT!!!!

So, guys... Please keep on dreaming, coz someday you'll get there!! Melalui perjalanan yang panjang dan berliku, gw pun bisa mengaplikasikan mimpi gw jadi kenyataan. Alhamdulillah...