Wednesday, March 24, 2010

Cheap trip to Thai?? Why not??


Trip 8hari 7malam ke Thailand dengan modal sekitar 3 jutaan?? Yap, gw baru aja balik dari sebuah trip yang terbilang murah itu. Bahkan budget tersebut sebenarnya bisa ditekan lagi menjadi 2.5 juta kalau persiapan trip lebih matang lagi. Bermodal awal tiket return Jakarta - Bangkok - Jakarta seharga 325ribu yang dibeli secara online pada bulan Maret 2009, gw dan beberapa orang teman bermaksud untuk menyambangi Thailand. Berhubung tiket pesawat yang kita beli adalah tiket promo 0 rupiah, jadi jadwal keberangkatannya cukup lama yaitu 17 Maret 2010.

Sebulan menjelang hari keberangkatan, masih belum juga ada itinerary tersusun untuk trip ini. Dan setelah mencontek beberapa itinerary tour, akhirnya kami memutuskan rute perjalanan kali ini adalah Jakarta - Pattaya - Bangkok - Phuket - Jakarta. Sayangnya, dengan itinerary ini berarti kita harus give away tiket Bangkok - Jakarta dengan percuma (mumpung harganya murah... hihihi) dan membeli tiket baru lagi dengan rute Bangkok - Phuket - Jakarta. Alhamdulillah kami bisa dapat tiket murah meriah (masih menggunakan airlines yang sama) hanya dengan resiko jadwal keberangkatan yang agak pagi.

Berhubung di bulan February kuota kerjaan gw lagi lumayan banyak, akhirnya gw menyerahkan 100% masalah hotel ke salah satu temen gw dengan satu pesan, kalo bisa cari yang murah meriah (kere mode.on). Thank god Thailand merupakan salah satu negara yang banyak dikunjungi oleh backpacker, jadi tidak terlalu sulit untuk mendapatkan hostel ataupun guest house dengan harga yang sangat terjangkau (maksimal 100ribu rupiah/orang/malam). Dalam waktu seminggu teman gw pun berhasil mereservasi 3 hotel di 3 kota yang akan kita kunjungi.

Jumlah uang yang harus kami keluarkan untuk tiket pesawat serta hotel berkisar 1.5 juta rupiah/orang (quite cheap huh??). Untuk makananpun, tarif yang ada juga terbilang murah, yaitu sekitar 30 (Pad Thai menu) - 150 (Seafood menu) Baht/orang. Masih kurang murah?? Di hampir semua mini marketnya (jangan harap bisa ketemu Indomaret atau Alfamart ya... hehehe) terdapat burger/hot dog seharga 20 - 25 bath, dan tak lupa Mie Dudun yang MasyaAllah enaknya seharga 13bath sajah dengan berbagai macam rasa!! Tetapi sayang beribu sayang, berhubung Pattaya dan Phuket merupakan daerah Pantai dengan sistem transportasi yang terbatas (apa kita aja yang ga ngerti ya?), maka banyak Baht kami yang terkuras untuk membayar Taxi atau yang lebih dikenal dengan nama Tuk-Tuk dengan rate bervariasi.

Untuk sementara cukup ini info yang bisa gw share, untuk info lebih lanjut bakal gw jambreng di post selanjutnya! Please remember that great trip not always need loads of money! So keep traveling...