Thursday, October 14, 2010

I (officially) am a backpacker now

Sekarang gw bener-bener ngerasa menjadi seorang backpacker! Karena gw bisa pergi melancong sendiri! Walaupun sebenernya pengalaman backpacking gw cukup lumayan, tapi di perjalanan2 itu gw pergi berkelompok. Dan, minggu kemarin gw memberanikan diri untuk mencoba backpacking sendiri, walaupun baru berani sampai Negara tetangga doang. Per tanggal 11OCT10 kemaren gw memulai perjalanan 6hari5malam dengan tujuan Singapore – Kuala Lumpur. Perjalanan ini terbilang dadakan, karena awalnya gw merencanakan untuk pergi ke Perth untuk mengunjungi temennya temen kakak gw (ribet ajah). Rute yang *tadinya* mau gw jalanin emang mampir dulu ke Singapore (rencananya mo ke USS), baru ke Perth. Nah, karena visa gagal, akhirnya gw gunainlah tiket CGK – SIN yang udah keburu dibeli.

Jujur aja, setelah gw dapet kabar kalo pengajuan visa ditolak, gw sempet down, marah2 ga jelas, dan “agak” bersumpah untuk tidak menginjakan kaki gw ke Negara kangguru ini (ga penting yak!). Tapi, saat itu gw bertekad untuk tetap pergi, walaupun beda rute (yaiyalah, cuti udah ditangan meeennn!). Rute pertama yang kepikiran ma gw tuh JKT – SIN – MFM/HKG. Tapi karena permintaan reroute gw kaga digubris ma pihak airlines, makanya gw mengalihkan MFM/HKG ke KUL. Dan, pas awal oktober gw mulai hunting guesthouse ma tiket pesawat dari KL. Sialnya, karena gw berangkat sendiri, guesthousenya jadi agak mahal.

11OCT10, bermodalkan keril pinjeman ma peta Singapore dari temen dimulailah perjalanan gw. Hari itu gw berangkat nyubuh dari rumah (sekitar jam4), dianter bokap naek motor ke terminal rawamangun (mo ngakak gw kalo inget ini). Gw sampe jam 0925 waktu SG, rencana awal ke USS pun gw batalin, dan gw milih untuk ngurus masalah tiket di counter salah satu penerbangan. Masalah tiket kelar, gw langsung cabut ke guesthouse yang ada di north bridge street (depan bugis junction), check in, naro barang, ngasi kabar ke kakak gw (guesthousenya ada fasilitas free internet) trus cabut nyari lokasi terminal bus ke KL (golden mile complex) on foot.

Di tengah perjalanan ke golden mile, gw singgah buat sholat di Sultan Mosque yang ada di sekitar arab street. Ini bisa dibilang jadi mesjid favorit gw selama di Singapore kemaren, soalnya segala serba bersih dan orang2 di sekitar sana ramah2 semua. Kocaknya waktu itu gw sampe sana sekitar jam 1245, dan langsung sholat dzuhur, pas gw dah kelar sholat, eeh adzan baru bunyi! Gw lupa kalo disana sholatnya emang lebih siang. Akhirnya gw sholat lagi deh. Lanjut dari sana gw keliling di Arab street dan kemudian NYASAR! Gw salah liat nama jalan, eh malah jadi berujung muter ga jelas (gw banget!). Ternyata ada seorang bapak2 yang ngeliat gw jalan sambil liat peta, dia nanya tujuan gw dan akhirnya dia menawarkan diri buat nganter gw. Dia kaget pas tau gw jalan ke sana sendiri, trus sambil jalan dia terus ngasih wejangan buat gw (sampe nyuruh gw cepet nikah *cih*). Kalo katanya sih gw itu sepantar ma anaknya, and FYI his name is the same with my father!

Sampe Golden Mile gw akhirnya langsung book tiket buat tanggal 12OCT10 jam 2330. Dan dari situ si bapak tampak kaga tega ninggalin gw keluyuran sendirian, dan dia ngajak gw keliling orchard road (plus nraktir lunch) soalnya gw ada rencana mo ke hotel tempat temen gw yang ada di deket stasiun Dhobby Ghaut. Setelah berjam2 jalan kaki keliling, gw dianter ke hotel temen, dan si bapak itu pulang kerumahnya (terima kasih banyak ya pak!). Sialnya temen gw ga ada di kamar, setelah gw nunggu 30mnt, dia belom balik, akhirnya gw memutuskan untuk balik ke guesthouse.

Day 2, hari penuh perjuangan karena gw harus bisa berkunjung ke beberapa spot TA dan mengandalkan kaki (ngirit.com). Hari itu gw bangun pagi buat sarapan, trus langsung lanjut tidur sampe jam 10 (buat memupuk energi). Bangun tidur (kedua kali), mandi, siap2 trus langsung check out. Untungnya guesthouse itu punya luggage storage, jadi gw bisa melanglang buana dengan bawaan minimal. Tujuan pertama, The famous merlion park! Kalo gw perhatiin dari segitu banyak turis yang dateng, paling banyak berasal dari Thailand *sotoy*. Orang2 pada sibuk moto, dan gw sendiri sibuk ngadem. Puas moto (in orang), gw lanjut ke China Town (on foot pastinya!). Berhubung waktu itu pas dengan jam siang orang kantoran, jadi jalanan termasuk penuh dengan orang2 yang sedang mencari makan siang. Gw cukup terjebak lama di daerah Chinatown (terjebak pula membeli tas kamera… ooohh nooo!!), setelah banjir keringat dan kantong jadi kering, gw pun sholat dzuhur di mesjid yang berada di sekitar situ dan lanjut makan siang di salah satu resto india yang bersertifikasi halal. Perut kenyang, keringat ilang, perjalananan pun dilanjutkan ke Little India atau lebih tepatnya Mustafa Center (MC), kali ini gw naik MRT (capcay jalan kaki).

Dari stasiun MRT ke MC cukup jauh, melewati Jalan Serangoon yang penuh dengan penjual2 barang murah meriah. Ga kerasa udah waktunya Ashar, akhirnya gw sholat dulu masjid di seberang MC, baru lanjut hunting barang di MC. Entah apa emang karena gw kurang tau harga, atau memang harga2 di MC murah2 ya? Gw sempet terkesima dengan harga earphone Ipod/phone yang cuma 14SGD! Bahkan ada jam yang cuma 5SGD! MC bener2 ngingetin gw ma Hypermart di Osaka yang namanya Man Ei. Super duper lengkap, dan yang pastinya MURAH! Dikarenakan tempatnya yang sangat besar, cukup makan waktu untuk gw mengelilingi MC sampai puas. Puas muter, gw ambil jalan muter buat ke stasiun MRT, tujuannya sih mau sholat magrib di Masjid Al Gofur, eh tapi entah kenapa gw kaga nemuin tu mesjid, akhirnya gw nyerah dan langsung balik ke Bugis. Sampe di Bugis, gw langsung ke Mesjid Sultan, numpang sholat (ma mandi), lanjut makan malem, ambil keril trus capcus ke Golden Mile buat melanjutkan perjalanan ke KL.

Total yang gw abisin di SG sekitar 200SGD (lebih dari setengah buat belanja.. hahaha). Yang berat adalah bayar guesthouse, karena awalnya gw book private room buat 2 orang, tapi yang satu cancel, jadi gw kudu bayar biaya 2 orang (_ _). Buat sesi KL, lanjut di blog berikut yak, secara perjalanannya belum selesai :p

**Info tambahan**

Biaya yang gw keluarin selama di Singapore:

Hotel : SGD45 (twin basis room, breakfast include)

MRT +bus(for 2days) : SGD9.1 (start from changi until golden mile)

Meals (for 2days) : SGD 22.8 (Lunches and dinners)

Drinks (for 2days) : SGD10.7 (buat selama perjalanan keliling kota)

Night Bus to KL : SGD20

--------------------------------- +

Total : SGD107.6

Web yang mungkin berguna:

http://www.cozycornerguest.com/ (guesthouse yang gw pake, great location but cant say much about the room)

http://www.smrt.com.sg/main/index.asp (SMRT official web, bisa liat map dan cek harga)