Wednesday, September 1, 2010

*Been There, Done That (SUDAH PERNAH)*

Berawal dari sebuah aplikasi di suatu jejaring sosial, terpikir oleh gw untuk menulis ini. Aplikasi itu menjabarkan mengenai kota-kota yang pernah, akan kita singgahi, juga kota2 yang menurut kita bisa kita sarankan untuk didatangi. Karena gw masih tergolong cupu mengenai hal mejelajah kota/tempat2 di dunia yang luar biasa luas ini, akhirnya gw membuat checklist ini sekedar untuk mengingatkan gw akan "target" yang alangkah bagusnya bila bisa gw penuhi. Listnya akan terbagi 3, SUDAH, SARAN, AKAN (jangan kaget kalo kebanyakan isinya pantai!). Di Page ini gw akan memaparkan bagian SUDAH, dan 2 lagi akan menyusul di page selanjutnya! So, let's just see the list, shall we?


1. Pulau BALI


Siapa yang tidak kenal Bali? Hampir seluruh orang didunia tau Bali, The Paradise Island. Alhamdulillah gw udah beberapa kali berhasil berkunjung dan selalu amazed dengan keindahan pulau tersebut. Keindahan pulau ini ga cuman terlihat dari fisik, tapi kebudayaannya yang masih sangat kental dan tidak tergeserkan walaupun bisa dibilang, kalo pergi ke Bali berasa pergi keluar negeri (karena banyak sekali orang asing). Satu hal yang agak memberatkan gw untuk sering datang kesini adalah harga yang tergolong sangat mahal untuk kalangan turis domestik yang hanya memiliki uang pas2an (gw banget!)


2. Pulau BELITONG


Pulau ini baru dikenal luas karena sebuah buku karangan Andrea Hirata yang menceritakan mengenai kisah seorang anak asal belitong yang berhasil sukses merambah benua Eropa. Walaupun tidak seterkenal Bali, buat gw Belitong memiliki nilai lebih yang mungkin tidak dimiliki oleh pulau Bali. Batu2 besar yang indah, keindahan bawah laut yang masih "agak perawan" dan ga ketinggalan makanan laut yang sangat enak dan murah!


3.Pulau Sempu


Berawal dari ajakan seorang teman dan hasil dari browsing di internet, akhirnya gw berangkat menuju pulau Sempu yang berlokasi di Jawa Timur. "Pulau yang masih perawan", itulah hal utama yang bikin gw sangat tertarik untuk sekedar mengenal lebih jauh sang pulau perawan itu. Entah apa karena bad timing (hujan) atau perjalanan yang sangat berat (4jam tracking di lumpur), gw kurang bisa melihat keindahan dari pulau tersebut. Ketika gw sampai, pulau yang sebenarnya cagar alam itu tampak kotor dan dan "berantakan".


4. Kepulauan Seribu


Tempat favorit gw untuk sekedar melihat pantai yang bersih dan snorkeling. Salah satu pulau yang terkenal akhir2 ini adalah Pulau Tidung, pulau yang terkenal dengan jembatannya. Alhamdulillah gw pernah mengunjungi pulau ini tahun lalu, terbuai dengan keindahan sunset/sunriseview dari jembatan dan keindahan bawah lautnya yang bisa terlihat secara kasat mata dari atas :)


5. Pattaya, Thailand


Berjarak beberapa puluh kilometer dari Bangkok, terdapat sebuah kota pesisir pantai yang mengingatkan gw akan Kuta, Bali. Kota tersebut bernama Pattaya, kota yang agak sulit untuk dicapai dengan bis (atau gw aja yang males nyari2 bisnya). Kalau mengenai keindahannya, Pattaya masih dibawah Bali, tapi kalau dilihat dari "kehidupan malam", Pattaya memiliki banyak hal menarik, salah satunya adalah Lady Boy Cabaret Show. Walaupun agak menguras uang, tapi pertunjukkan sangatlah sayang untuk dilewatkan!


6. Phuket Island


Pulau kecil yang berjarak sekitar 1800km dari Jakarta ini dikenal di hampir seluruh dunia. Dan dikatakan pulau ini adalah salah satu penyebab kemajuannya Thailand tourism (didukung dengan pemasarannya yang okeh!). Rasa penasaran menggelitik gw untuk sekedar mengetahui dimanakah letak keindahan dari pulau ini. Setelah kurang lebih 4hari berjuang mengelilingi pulau ini, gw cuma bisa bilang, it's really worth the journey! Nice view, cheap foods and loads of Bule (haha!).


7. Kyoto, Jepang


Gw punya kesempatan untuk mengunjungi "Kota Kuil" ini sewaktu training di Jepang tahun lalu. Kebetulan saat itu lagi musim gugur, gw berniat untuk melihat Koyo (daun momiji yang memerah). Gw cuma bisa bilang, KOK DI INDONESIA GA MERAH2 SIH DAUNNYA?? Daun momiji yang berubah warna menjadi merah itu terlihat sangat bagus! Saran gw, kalo mau liat pemandangan Koyo yang maksimal, pergilah ke Arashiyama sekitar pertengahan - akhir November! Pasti kalian ga akan bisa berhenti moto! Oh satu lagi, for Kyomizudera? it's totally exhausting!


Untuk sementara, gw berhenti di nomor ke7 karena gw agak lupa dengan tempat2 menarik yang pernah gw kunjungi. Semoga bisa menjadi masukan yang lumayan berguna ya! See you again on the next page for RECOMMENDED PLACES! Ciao...

No comments:

Post a Comment