Sunday, March 20, 2011

Blended in Karimun

Pertengahan tahun 2010 ada salah satu temen trip gw (Rudi) yang heboh ngajak ke Karimun Jawa (KJ), kepulauan yang jadi terkenal beberapa waktu belakangan ini. Tapi, sampai tahun 2011 datang, ajakan itu ga jadi kenyataan juga, sampai suatu waktu gw dapat ajakan buat snork and dive di KJ dari salah satu temen trip yang bisa terpercaya (Wak Haji) via FB. Gw dan satu lagi temen trip gw (Wisnu) menanggapi ajakan tersebut dengan antusias. Jujur aja, semenjak dari Bunaken desember tahun lalu, gw blom nyentuh air laut lagi, jadi bisa dibilang gw dalam kondisi SAKAU LAUT. Tapi, beberapa minggu menjelang keberangkatan, Wak Haji berhalangan ikut, karena dia diharuskan kerja. Untungnya Wisnu ngasih alternatif lain, yaitu ikut trip temen dia yang dari Surabaya. Akhirnya kami memutuskan untuk ikut rombongan tersebut. Berita trip ini menyebar, akhirnya sampai ke telinga Rudi, sehingga dia memohon untuk diajak (hahaha). Setelah proses yang lama, akhirnya sampai pada keputusan ada 6orang yang berangkat dari Jakarta (termasuk gw dan Rudi). Jadwal trip adalah 11-14maret (start/finish Jepara).

10Mar11, jam 1900 waktu Jakarta, dimulailah perjalanan panjang menuju KJ. Bus antar kota Shantika mulai bergerak menuju Jepara. Sepanjang perjalanan itu gw habiskan dengan tidur dengan ditemani oleh alunan lagu dangdut! Sekitar jam 4 atau 5 pagi gw terbangun karena bis sempat berhenti untuk mengisi bahan bakar. Ga lama kemudian gw ngeliat plang dengan tulisan SELAMAT DATANG DI JEPARA (auk deh lupa gw). Dan sampailah kami di Jepara. Karena rombongan kami termasuk banyak, akhirnya sang supir bersedia menurunkan kami di depan Gerbang Pelabuhan Jepara.

11Mar11, waktu menunjukkan pukul 0600, cuaca hujan rintik. Tujuan yang pertama adalah warung! Laper gilak, itulah yang gw rasain gara2 belom makan semaleman. Tetapi amat sangat disayangkan, jam 6 masih terlalu pagi untuk si ibu warung buat menyiapkan makanan, jadi makanan yang tersedia sangat terbatas. Pagi itu gw makan Nasi Sop Daging yang rasanya ajaib di lidah gw (manis cyiin). Setengah jam kemudian ada seseorang yang memperkenalkan dirinya yang ternyata adalah salah satu rombongan dari Surabaya. Dan dari situlah dimulai pertukaran kebudayaan (lhoo?). Kelompok Surabaya yang sangat sopan ala Jawa dan kelompok Jakarta yang ga jelas kelakuannya.

KMP Muria dengan tujuan KJ berangkat pukul 0915, dan berhubung gw termasuk traveler ngirit, jadi ga ada niat untuk naik kelas jadi VIP. Selama 6jam kedepan gw sangat "menikmati" kondisi kelas ekonomi Ferry penyebarangan ini. Sekitar pukul 1500 sampailah kami di pulau utama KJ. Dijemput oleh sang EO menuju sebuah rumah untuk menikmati makan siang yang kesiangan. Setelah 6jam ngambang di laut, akhirnya gw dapat signal HP dan dapat kabar tentang gempa dan Tsunami di Jepang. Bahkan beberapa temen gw menghimbau gw untuk menjauhi laut dulu hari ini, dan itulah yang menjadi alasan gw untuk membatalkan upgrade ke Wisma Apung dan memilih untuk stay di Homestay bu Yeni.

Seperti halnya pulau2 di sekitar Pulau Seribu, KJ juga mengalami pemadaman listrik dikala siang. Jadi, di hari pertama ini gw menikmati yang namanya mandi dalam kegelapan. Selesai mandi, saatnya bergaul! Dimana kah tempat paling gaulnya KJ? Ya di alun2 dong! Alun2 yang ternyata adalah lapangan sepakbola yang dimeriahi dengan beberapa warung yang berada di pinggir lapangan (doh). Dan jangan lupa dermaga kecil yang bisa dijadikan spot yang bagus untuk photo. Malam pertama di KJ kami lewatkan dengan poto2 di dermaga, memborong es degan dan makan tongseng cumi mutan (sumpah gede tuh cumi). Malam ini gw bisa tidur nyenyak sekali.

12Mar11, bangun pagi karena lampu mati, ngobrol2 sambil ditemani oleh teh manis hangat buatan ibu Yeni, kami menunggu panggilan untuk sarapan dari sang EO. Walaupun 1jam lebih telat dari jadwal, tidak membuat kegiatan hari ini berkurang keseruannya. Dimulai dengan sarapan yang teramat sangat lengkap, kegiatan Island Hopping dimulai! (yeaay). Di spot pertama (entah pulau apa), gw sempet melihat beberapa clown fish yang bersembunyi malu2 di balik karang. Setelah puas menikmati keindahan dalam laut, sekarang saatnya POTO! Yap, gw memang narsis, dan di trip kali ini Mail lah yang jadi korban kenarsisan saya (maap ya il!). Tapi ternyata yang narsis bukanlah cuma gw! Hampir semua orang di rombongan Jakarta dapat dikategorikan sebagai orang narsis. Dan kenarsisan itu membuat kami terbawa ombak dan terdampar jauh dari perahu (cape cyiin baliknya!). Setelah entah berapa lama, akhirnya kami pindah lokasi. Kali ini saatnya menikmati pantai dan ikan bakar jadi2an! Hari ini kami habiskan dengan snorkeling di beberapa spot dan singgah di 2 pulau untuk sekedar poto2 atau berenang di pinggiran pantai. Satu hal yang benar2 memorable adalah saat berkunjung di penangkaran hiu dimana gw bisa BERENANG BARENG HIU! Scary yet fun!

Seperti hari sebelumnya, malam inipun kami bergaul di the famous Alun-Alun dengan mabok es Degan. But there was something special happen on this day, Yoan was celebrating her last day in her 24th, because she'll celebrate her 25th bday on 13March! Happy buzzday gal!! Malam ini rombongan Jakarta mulai menyicil mengcopy poto2 yang berhasil diambil seharian tadi. Dan seperti malam sebelumnya, tonight i slept like a baby!

13Mar11, seperti hari sebelumnya, gw kebangun gara2 listrik mati dan sambil menunggu waktu sarapan, gw menikmati teh manis hangat sambil ngobrol2 ga jelas dengan peserta trip lainnya. Kegiatan hari ini juga ga jauh berbeda dengan kegiatan hari sebelumnya. Island hopping, snorkeling, BBQ-ing. Hal yang sangat menarik hari ini adalah terciptanya sebutan2 baru! Ada ikan balon, ikan buntel bahkan ada yang namanya ikan salto! Hari ini gw sangat puas, karena dapet banyak poto underwater!! (hahaha). Dan setelah sekian lama, akhirnya sakau laut gwpun terobati dengan sakses (baca : sukses)! Bolak balik loncat dari dermaga sampe kuping budeg, berkali2 dicurigain pipis gara2 nangkring di laut (cape deeh), makan kacang rebus sambil menikmati sunset (yang ga keliatan), dan banyak lagi kejadian bodoh yang bikin gw ga bisa berhenti ketawa. It was a fun day indeed!

Malam ini agak berbeda dengan malam sebelumnya, kita ga nongki2 di alun2, tapi disibukkan dengan mengcopy poto, makan spaghetti, mencela Rudi dan menggoda Mario (ahiiiy). Listrik yang entah kenapa tidak begitu rela untuk menyala, membuat kami tidur lebih malam dari biasanya. Tapi walaupun gelap2an, bisa dibilang malam itu adalah malam paling menyenangkan selama trip ini! Perut gw sampai sakit gara2 ketawa ga berhenti2!

14Mar11, time to go home! Pagi ini gw bangun lebih awal karena hari ini harus naik kapal ferry yang berangkat jam 8 menuju Jepara. Berbekal nasi kotak buatan bu Yeni, gw memulai perjalanan pulang ini dengan doa (#eeeaaa). KMP Muria kali ini jauh lebih penuh dibandingkan dengan sewaktu kita berangkat dari Jepara menuju KJ. Karena "jatah" kursi ga sebanyak yang pertama, gw memilih untuk tidur di dek atas. Tetapi itu cuma bertahan 1 jam, panas ajah! Akhirnya gw lanjutin dengan tidur2 ayam di kursi ekonomi yang keras itu. Jam 1330 sampailah kita di Pelabuhan Jepara, travel yang akan mengangkut kami menuju Semarangpun sudah menunggu. Setelah salam2an dan berpisah dengan rombongan Surabaya dan mendapat supplemen es krim walls, maka gw melanjutkan perjalanan ke Semarang. Di travelpun rombongan Jakarta membuat ulah, yaitu menggoda seorang mahasiswi Universitas PGRI yang naik satu mobil dengan kami.

Semarang! Rombongan Jakarta diturunin di tempat beli oleh2 sementara Wisnu yang berdomisili di Semarang pulang ke Kos-an buat ngambil mobil, 30menit kemudian kelar belanja Wisnu datang ngejemput. Rute pertama adalah numpang mandi di kos-an Wisnu, lanjut makan malam mie godok. Setelah kenyang, waktunya untuk narsis! Lokasi yang beruntung dijadikan tempat poto2 adalah GBIP Immanuel yang berada di kota tua. Narsis sudah tersalurkan, sekarang saatnya pulang ke Jakarta! Kereta Senja Utama akan jadi sahabat gw selama 8jam kedepan.

15Mar11, Jakarta! Waktu menunjukkan pukul 0400 sewaktu kereta yang gw tumpangin sampai di stasiun Jatinegara, and the trip is officially ended!!

All i can say is that this was a blast trip! I had loads of fun, met new friends and have a small reunion with my fellow Tidungers! Love it... Love it.... Love it!! See you all soon in another fun trip yeeaaa!!